Panwaslu: Tuduhan Timses Foke Kepada Jokowi-Ahok Tidak Terbukti


"Mereka (Jokowi-Ahok) membenarkan adanya pemberian uang Rp75 ribu. Namun uang itu untuk honor saksi. Sebanyak 43 saksi," kata Ketua Panwaslu DKI Jakarta Ramdansyah.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta mengatakan tuduhan tim sukses (timses) pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) adanya politik uang dilakukan timses pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahja Purnama (Ahok) belum mempunyai bukti yang kuat dan kemungkinan akan gugur laporannya.

“Terhadap laporan kasus politik uang yang diadukan timses Foke-Nara, kami sudah melakukan konfirmasi kepada timses Jokowi-Ahok. Ternyata mereka membenarkan adanya pemberian uang Rp75 ribu. Namun uang itu untuk honor saksi. Sebanyak 43 saksi ini menerima honor tersebut sehari sebelum tanggal 11 Juli. Honor itu diberikan sekitar pukul 15.00,” kata Ketua Panwaslu DKI Jakarta Ramdansyah, di Kantor Panwaslu DKI, Jakarta, hari ini.




Sedangkan tuduhan serangan fajar yang terjadi pada 11 Juli sekitar pukul 03.00 hingga 06.30 di RW 007 Kelurahan Pegangsaan juga tidak terbukti. Bahkan saksi yang turun dalam laporan juga bukan pihak yang menerima dan juga melihat secara langsung.

“Saksi itu hanya bilang katanya saja. Bukti foto yang diberikan juga tidak menggambarkan adanya transaksi politik uang itu. Berdasarkan hal itu, lanjutnya, kemungkinan besar laporan ini akan digugurkan karena tidak ada bukti dan saksi yang kuat,” tutur Ramdansyah.

Sebelumnya diberitakan, anggota tim sukses Foke-Nara wilayah Jakarta Pusat, Jan Awalisi dan Ketua RW 007 Kelurahan Pegangsaan, Jakarta Pusat, Mahmuri mendapat laporan dari warga yang didatangi seseorang yang membagikan uang Rp 50.000-Rp 75.000. Uang itu diselipkan dalam baju kotak-kotak sehingga yang memberikan diduga sebagai anggota tim sukses pasangan calon nomor urut tiga.

BERITASATU







BERITA LAINNYA:




Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner




Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template