Lima Bintang yang Pernah Main di MU dan Barcelona


Manchester United dan Barcelona akan bertarung untuk menentukan klub terbaik di Eropa musim ini pada final Liga Champions di Stadion Wembley, Sabtu, 28 Mei 2011. Selain Gerard Pique, ternyata ada empat pemain lain yang pernah membela kedua tim tersebut.

Manchester United dan Barcelona saat ini merupakan dua klub besar Eropa yang menjadi sarang pemain-pemain top dunia. Tak heran jika klub ini menjadi magnet bagi para pemain yang ingin memamerkan kebolehannya. Ada pula pemain-pemain yang pernah membela kedua tim. Berikut daftarnya:

GERARD PIQUE
Bek tengah ini merupakan besutan akademi sepak bola Barcelona. Permainan gemilangnya di tim yunior Barcelona membuat Manchester United kepincut. Si Setan Merah memboyong Pique pada 2004 tanpa biaya transfer karena Pique saat itu masih terlalu muda untuk mendapat kontrak sebagai pemain profesional.

Pada 2006-2007, Pique sempat dipinjamkan Manchester United ke Zaragoza. Pique hijrah ke Barcelona pada 27 Mei 2008. Ia meneken kontrak empat tahun bersama La Blaugrana.

HENRIK LARSSON
Pemain asal Swedia ini mulai membetot khalayak bola dunia saat membela Glasgow Celtic. Ia menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer Skotlandia selama lima musim. Pada 2004, Larsson hijrah ke Barcelona dengan kontrak satu tahun. Namun, di Barcelona ia kerap dibekap cedera.

Larsson akhirnya hengkang ke Helsingborg pada 2006. Ia pun dipinjamkan ke Manchester United pada 2007 saat Liga Swedia memasuki masa istirahat. Meski ditawari perpanjangan kontrak, Larsson memilih untuk menolaknya karena sudah berjanji kepada keluarganya. Ia akhirnya balik ke Helsingborg dan pensiun pada 2009.


MARK HUGHES
Pemain asal Wales ini merupakan produk tim yunior Manchester United. Ia masuk tim senior Manchester United pada 1980. Pada musim panas 1986, Hughes dijual ke Barcelona. Manajer Barcelona saat itu, Terry Venables, berharap menduetkan Hughes dengan Gary Lineker. Namun, Hughes tampil mengecewakan di Barcelona sehingga dipinjamkan ke Bayern Muenchen pada 1987-1988.

Pada Mei 1988, Hughes kembali ke Manchester United yang saat itu sudah diarsiteki Sir Alex Ferguson. Hughes membawa Manchester United menjuarai Piala Winners pada 15 Mei 1991 dengan mengalahkan Barcelona 2-1. Hughes mencetak dua gol pada pertandingan tersebut. Ia akhirnya menggantung sepatunya pada Juli 2002 dan kini menjadi manajer Fulham.

LAURENT BLANC
Bek asal Prancis ini mengawali karier di klub Montpellier. Pada 2006, Blanc hijrah ke Barcelona. Ironisnya, Johan Cruyff yang memboyong Blanc ke Barcelona dipecat pada hari Blanc menyetujui untuk hijrah ke Nou Camp. Ia sempat membawa Barcelona menjuarai Supercopa de Espana. Namun, karier Blanc di Barcelona dirusak cedera yang kerap menderanya.

Pada 2001, Blanc bergabung ke Manchester United dari Inter Milan. Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson sudah membujuk Blanc untuk bergabung sejak 1996. Ia sempat dikritik karena tampil buruk di beberapa bulan awal membela Manchester United. Namun, Blanc sanggup membawa Manchester United menjuarai Liga Primer Inggris 2002-2003. Ia pensiun pada 2003.


JORDI CRUYFF
Anak dari Johan Cruyff ini melakukan debut untuk Barcelona B di Divisi Dua Liga Spanyol pada 1992. Dua tahun kemudian, ia bergabung dengan tim senior Barcelona saat tur pra-musim di Belanda. Pada 2 November 1994, Cruyff membela Barcelona saat mengalahkan Manchester United 4-0 di Liga Champions. Umpan Cruyff berujung pada gol pertama Hristo Stoichkov.

Pada Agustus 1996, Cruyff bergabung dengan Manchester United dengan kontrak empat tahun. Cruyff menjadi langganan tim inti Manchester United hingga akhir November ketika mengalami cedera lutut. Selama berada di Old Trafford, ia kerap dibekap cedera. Ia hanya tampil lima kali pada 1999 sebelum dipinjamkan ke Celtic Vigo. Pada 2010, Cruyff pensiun dan bergabung dengan AEK Larnaca sebagai Direktur Sepak Bola.
• TEMPO Interaktif

Soal Nazaruddin, Mahfud Tak Ambil Pusing
Nazaruddin Dicopot dari Bendahara Umum Demokrat
Tak Terima, Nazaruddin Akan Buka-bukaan
Muhammad Nazaruddin Lengser, Akan Ada Politik "Buka Kartu"
Agum Siap Sampaikan Aspirasi APSI
PSSI Kisruh, Pemain Muda Korbannya
Kongres Kisruh, Mantan Pemain Timnas Sedih
Chelsea Pecat Ancelotti
Ronaldo: 40 Golku adalah Buah Kerja Teman-teman
Ronaldo: "El Pichichi" Milik Semua
Ronaldo Bakal Pecahkan Rekor Pemain Tersubur La Liga
Ronaldo Senang Madrid Cetak 102 Gol
"Setan" Pun Tak Bisa Hentikan Messi
Van der Sar Tak Mau seperti Van Bronckhorst-Zidane
Lawan MU Seolah Jadi Laga Terakhir Messi


Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template