Nugraha Besoes: Pemain Asing LPI Cuma Kuli Cangkul


Sekretaris Jenderal PSSI, Nugraha Besoes, mengecam pemain-pemain asing di Liga Primer Indonesia (LPI) yang datang ke negara ini tanpa melalui aturan yang jelas. Menurutnya, pemain-pemain itu tak jelas asal-usulnya dan bisa jadi, mereka hanya merupakan kuli cangkul di negara mereka masing-masing.

Sejatinya, menurut Besoes, pemain asing yang akan bermain di Indonesia harus melalui aturan-aturan PSSI. Mereka juga harus diseleksi dan minta izin ke PSSI. Namun, hal ini tak dilakukan oleh para pemain asing di LPI.

"LPI ini entah bagaimana caranya, memangil pemain, lalu dikumpulkan kayak tenaga kerja asing dan tidak minta izin FIFA. Mereka ini entah dari sarang apa datangnya, tiba-tiba dikumpulkan, lalu main, dan mereka kemudian meminta izin ke Imigrasi dan Depnaker. Ini bahaya," ujar Besoes di kantor PSSI kepada sejumlah wartawan, Senin (14/2/2011) sore.

"Bisa saja mereka itu kuli cangkul di negaranya, kan bisa. Karena, mereka itu tidak melewati tahapan seleksi FIFA. Lalu siapa yang melakukan seleksi. Mana kita tahu kan," lanjut pria yang kerap disapa Kang Nug tersebut.

Besoes menambahkan, PSSI sudah mengambil tindakan tegas untuk mengatasi masalah ini. Mereka sudah melapor kepada pihak Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk segera mendeportasi pemain-pemain asing tersebut.

"Pokoknya, kita sudah kasih daftar pemainnya kepada mereka (Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM) dan jumlahnya ada sekitar 60 nama. Dan kita lihat sudah ada action awal dari mereka," tuntas Besoes.
• (KOMPAS)


Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template