PT Anak Negeri Didirikan 3 Kader Demokrat


Nazaruddin mulai menjadi sorotan setelah diduga terlibat kasus suap Seskemenpora soal pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang. PT Anak Negeri, perusahaan yang didirikan Nazaruddin, disebut-sebut menjadi penghubung suap antara Kemenpora dengan rekanannya, PT Duta Graha Indah. Nazaruddin tidak seorang diri mendirikan PT Anak Negeri.

Berdasarkan Data Perseroan PT. Anak Negeri yang diterima dari Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, PT. Anak Negeri didirikan oleh empat orang. Dari empat orang itu, paling tidak tiga orang di antaranya saat ini diketahui menjabat sebagai pengurus Partai Demokrat, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Ketiga orang itu adalah Muhammad Nazaruddin, Muhammad Nasir, dan Ayub Khan. Seperti diketahui, Muhammad Nazaruddin semula merupakan Bendahara Umum Partai Demokrat. Namun karena berbagai kasus yang membelitnya, termasuk dugaan kasus suap Seskemenpora dan pemberian uang ke Sekjen MK, ia Senin lalu dicopot dari jabatannya di Dewan pengurus Pusat Partai.

Meskipun demikian, saat ini Nazaruddin masih menjabat sebagai Bendahara Fraksi Demokrat. Ia pun tetap duduk di DPR sebagai anggota Komisi Energi – setelah sebelumnya dirotasi dari Komisi Hukum. Saat ini, Nazaruddin berada di Singapura. Kepergiannya itu baru diketahui setelah KPK mengirimkan surat permohonan cekal terhadap dirinya kepada Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

KPK berencana untuk memeriksa Nazaruddin pekan depan terkait kasus suap Seskemenpora. Saat ini, Direktur PT. Anak Negeri, Mindo Rosalina Manulang, telah ditetapkan KPK sebagai tersangka. Ketika PT. Anak Negeri baru berdiri, Nazaruddin menjabat sebagai Komisaris Utama di perusahaan tersebut. Ia memiliki 1.430.195 saham di sana.

Selain Nazaruddin, Muhammad Nasir juga memegang 440.060 saham ketika PT. Anak Negeri didirikan. Nasir saat itu menjabat sebagai Komisaris di perusahaan tersebut. Nasir merupakan pengurus Demokrat di Riau. Saat ini, ia juga duduk di DPR DI sebagai legislator. Uniknya, Nasirlah yang menggantikan posisi Nazaruddin di Komisi Hukum, saat Nazaruddin dirotasi ke Komisi Energi.

Nasir telah beberapa kali dimintai klarifikasi soal hubungan bisnisnya dengan Nazaruddin di PT. Anak Negeri. Tapi ia selalu menolak untuk mengkonfirmasi hal tersebut. “No comment. Saya minta maaf, saya tidak bisa komentar. Saya tidak tahu apa-apa. Saya nggak ada urusan,” kata Nasir di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 25 Mei 2011 lalu. Nasir yang semula hendak mengikuti rapat paripurna DPR, bahkan sampai berbalik arah dan tidak jadi rapat karena melihat kerumunan wartawan.

Kader Demokrat ketika yang turut serta mendirikan PT. Anak Negeri adalah Ayub Khan. Ia memegang 110.015 saham di perusahaan tersebut. Setelah penyesuaian pada tahun 2009, Ayub bahkan tercatat memegang 1.760.240 saham di PT. Anak Negeri. Ayub adalah Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Demokrat Jember, Jawa Timur. Ia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Demokrat di DPRD Jember.

Jember dan Lumajang kebetulan adalah daerah pemilihan Nazaruddin. Meskipun Nazaruddin berasal dari Sumatera Utara, namun ia ternyata maju sebagai calon legislatif dari dapil Jawa Timur itu. Baik Nazaruddin maupun Ayub sama-sama meraih suara yang cukup banyak dalam Pemilu 2009 lalu. Nazaruddin berhasil melenggang ke Senayan, sedangkan Ayub lolos mudah ke DPRD Jember.
• VIVAnews

Soal Nazaruddin, Mahfud Tak Ambil Pusing
Nazaruddin Dicopot dari Bendahara Umum Demokrat
Tak Terima, Nazaruddin Akan Buka-bukaan
Muhammad Nazaruddin Lengser, Akan Ada Politik "Buka Kartu"
Agum Siap Sampaikan Aspirasi APSI
PSSI Kisruh, Pemain Muda Korbannya
Kongres Kisruh, Mantan Pemain Timnas Sedih
Chelsea Pecat Ancelotti
Ronaldo: 40 Golku adalah Buah Kerja Teman-teman
Ronaldo: "El Pichichi" Milik Semua
Ronaldo Bakal Pecahkan Rekor Pemain Tersubur La Liga
Ronaldo Senang Madrid Cetak 102 Gol
"Setan" Pun Tak Bisa Hentikan Messi
Van der Sar Tak Mau seperti Van Bronckhorst-Zidane
Lawan MU Seolah Jadi Laga Terakhir Messi


Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner


Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template