Kedokteran dan Akuntansi Masih Jadi Jurusan Terfavorit


Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis telah dilaksanakan. Jurusan favorit untuk IPA adalah kedokteran dan teknik informatika, sedangkan untuk IPS adalah akuntansi, ekonomi, dan hubungan internasional (HI).

Informasi ini disampaikan Ketua Panitia SNMPTN 2012 yang juga Rektor ITB, Akhmaloka, dalam jumpa pers di Gedung D Kemendikbud, Jl Sudirman, Jakarta, Jumat (6/7/2012).



Selain jurusan favorit, panitia SNMPTN juga mengumumkan daerah dengan nilai rata-rata peserta SNMPTN tertinggi. Untuk jurusan IPA daerah-daerah dengan nilai tertinggi adalah DKI Jakarta, DIY, Banten, Jateng Jabar, Jatim, Sumbar, Lampung, Sumut, Kepulauan Riau. Sedangkan untuk jurusan IPS yaitu DKI, DIY, Jateng, Jabar, Banten, Lampung, Sumbar, Jatim, Sumut, dan Sumsel.

Panitia SNMPTN 2012 mengumumkan sebanyak 123.225 siswa yang dinyatakan lulus seleksi via jalur tertulis. Pengumuman secara online dilakukan hari ini pukul 19.00 WIB di www.snmptn.ac.id. Sedangkan pengumuman melalui cetak tetap dilaksanakan Sabtu, 7 Juli.

"Jumlah peserta SNMPTN jalur ujian tertulis yang diterima secara keseluruhan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah sebanyak 123.225 peserta," ujar Dirjen Dikti Kemendikbud, Djoko Santoso.

Menurutnya, jumlah peserta yang diterima itu terdiri dari kelompok ujian IPA sebanyak 57.869 siswa, dan kelompok ujian IPS sebanyak 65.356 siswa. Sementara pendaftar SNMPTN secara keseluruhan meningkat 14,39 % dibanding tahun 2011.

"Daya tampungnya direncanakan berjumlah 106.368 siswa. Namun sesuai dengan kebijakan pemerintah, untuk meningkatakan Angka Partisipasi Kasar (APK) maka daya tampung PTN diminta untuk dinaikkan sebesar minimal 10%. Sehingga daya tampung untuk jalur ujian tertulis naik menjadi 123.419 siswa," tuturnya.

detikNews








BERITA LAINNYA:




Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner




Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template