Foke "Nyawer" Pedagang Takjil di Tambak


Ada satu hal yang menarik dalam kunjungan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo ke Tambak, Pegangsaan, Rabu (25/7/2012). Di sela berkeliling menyapa para pedagang, pria yang akrab dipanggil Foke ini memberikan sejumlah uang ke pedagang. Gubernur pun meminta uang itu dimanfaatkan sebaik mungkin.

Misalnya, ketika Foke mampir di sebuah warung sembako yang juga menjual takjil untuk menyapa penjualnya. Kemudian ia memberikan uang sebesar Rp 500.000 kepada pedagang warung tersebut.

"Ini saya titip kepada ibu agar dibagi sama yang lainnya. Tolong dagangan (takjil) ibu diberikan kepada warga yang membutuhkannya," kata Foke di pinggiran rel kawasan Jalan Tambak, Jakarta, Rabu (25/7/2012).




Kejadian itu sontak membuat warga setempat senang dan seraya berteriak, "Hidup Foke!"

Setelah itu, Foke juga sempat digoda oleh ibu paruh baya yang berjualan gorengan dan takjil agar meminta Foke memborong barang dagangannya. "Ayo dong Pak Foke, borong dagangan saya," ujar pedagang gorengan tersebut.

Permintaan ibu itu pun dipenuhi. Foke kembali mengeluarkan uang sebesar Rp 500.000 dan memberikannya kepada ibu itu. "Saya kasih uang ini untuk membeli semua makanan di sini. Tolong dibagi sama warga lainnya supaya bisa berbuka puasa dengan baik," ujarnya sambil tersenyum.

Warga kembali antusias dan berebut mendapatkan makanan dagangan ibu itu secara gratis. Dalam kesempatan tersebut, ia mengenang sebuah peristiwa di kawasan Tambak. "Dulu di sini sering terjadi tawuran dan rawan penyalahgunaan narkoba. Sekarang sudah jauh berbeda, anak-anak mudanya sangat kreatif, sudah banyak terobosan yang mereka lakukan untuk mempererat tali persaudaraan antarwarga," ujar Foke.

Dahulu, Foke mengisahkan, dirinya bersama sosiolog Imam Prasodjo pernah membina warga Tambak. "Dulu, saya bersama Imam Prasodjo yang kebetulan rumahnya dekat sini membina pemuda dan seluruh warga sehingga mampu menjadikan kawasan Tambak sebagai kampung kreatif dan hijau," kata Foke.

"Selain itu, di sini juga sudah disediakan arkin atau air warga miskin, taman bacaan hijau, dan juga telah mendapat penghargaan dari Bank Mandiri," katanya.

Di akhir kunjungannya, Foke mengingatkan perlunya sinergi antara masyarakat dan pemerintah. "Misalnya pemerintah memberikan layanan jaminan kesehatan miskin, ditunjang dengan pola hidup sehat warganya. Di sini, contohnya, bank sampah yang berada di RW 06 juga merupakan contoh bersahabat dengan sampah. Ini membuktikan sampah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," tandasnya.

KOMPAS







BERITA LAINNYA:




Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner




Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template