Proyek Jembatan Selat Sunda Rampung 10 Tahun


Pemerintah menargetkan proyek pembangunan jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera mulai dibangun pada 2014 mendatang yang akan memakan waktu hingga sepuluh tahun.

"Kita harapkan pengerjaan fisik jembatan Selat Sunda mulai tahun 2014. Saat ini masih persiapan teknis pembangunannya, aspek pendanaan, studi pengembangan kawasan yang akan dibangun, dan berbagai persiapan," papar Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Ahmad Hermanto Dardak di Hotel Werdha Pura, Sanur, Denpasar, (14/6/2012).

Jembatan penghubung Provinsi Banten dan Lampung itu rencananya sepanjang 29 hingga 30 kilometer dengan tinggi mencapai 80 meter dari atas permukaan laut.



"Proyek dimulai tender tahun 2014 diperkirakan selesai dalam waktu delapan hingga sepuluhtahun dengan dana membutuhkan dana sekira Rp100 trilun lebih," imbuhnya dalam seminar internasional tentang pembangunan infrastruktur dan kawasan di Selat Sunda.

Hermanto menjelaskan, sebelum jembatan terpanjang di Indonesia ini akan dibangun pihaknya telag menggandeng ahli-ahli pembuat jembatan seperti yang dibangun di Jepang dan Korea.

Tidak hanya itu, pihaknya telah mengundang investor yang paham investasi pembuatan jembatan, sehingga bisa mengetahui mulai dari skema pendanaannya apakah nantinya meruapakan kongsi pemerintah, swasta, obligasi, dan model pembangunan lainnya.

Skema pendanaannya masih dalam kajian tim konsorsium untuk bagamana nantinya dikembangkan bagi kawasan dan infrastruktur jembatan di Selat Sunda ini

Sampai saat ini, sejumlah investor asing telah menyatakan ketertarikannya berinvestasi dalam proyek Jembatan Sunda seperti dar China, Korea dan Jepang.

Okezone







BERITA LAINNYA:




Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner




Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template