Harga Gula Pasir Naik di Tingkat Distributor mencapai Rp 650.000 per zak (isi 50 kg) dari sebelumnya Rp 590.000.


Harga gula pasir yang ditawarkan para pengusaha distributor di Kota Ambon bergerak naik hingga mencapai Rp 650.000 per zak (isi 50 kg) dari sebelumnya Rp 590.000.

Berdasarkan pemantauan di Pasar Nusaniwe, Kota Ambon, Senin (11/6), para pedagang masih enggan mebelinya karena harganya cukup mahal.

Lajanu, 55 tahun, seorang pemilik toko di pasar Nusaniwe, ketika dikonfirmasi, mengakui sudah tiga hari belakangan ini tidak menjual gula pasir, sebab harganya terlalu mahal.




"Coba bayangkan di tingkat distributor mereka tawarkan Rp 650.000 per zak, itu berarti harga eceran Rp 13.000 per kg, dengan demikian maka kami jual kepada masyarakat pembeli Rp 14.000 per kg," ujarnya.

Memang, lanjutnya, gula pasir yang didatangkan itu cukup baik karena karena warnanya putih bersih dan sangat berbeda dengan gula pasir biasa.

"Namun karena kenaikan harga di tingkat distributor yang cukup tinggi membuat saya sudah tiga hari belakangan ini tidak menjual gula pasir karena persediaan habis," katanya.

John Salhuteru manajer UD 51, mengaku kalau harga gula pasir di tingkat distributor telah bergerak naik sejak empat hari lalu, dari Rp 590.000 menjadi Rp 650.000 per zak.

Hanya saja, katanya, gula merek kristal putih yang didatangkan dari Surabaya sekarang ini cukup baik warnanya putih bersih tidak seperti yang biasanya.

Disinggung pedagang eceran banyak yang mengeluh akibat perubahan harga naik, John mengatakan, perubahan itu terjadi di Pulau Jawa yang merupakan daerah sentra produksi sejak minggu lalu.

"Jadi kalau terjadi perubahan harga di Pulau Jawa sudah pasti terjadi perubahan juga di Ambon, apalagi ditambah dengan ongkos transport dari sana ke Ambon," katanya.

Berdasarkan pemantauan di dua supermarket, harga gula merek kristal putih Rp 14.000 per kg dan gulaku Rp 14.250 per kg. [TMA, Ant]

GATRA.







BERITA LAINNYA:




Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner




Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template