Pesawat Sukhoi Jatuh, DPR Akan Bentuk Panja Kecelakaan Sukhoi


Komisi V DPR akan menggelar rapat internal guna memutuskan pembentukan Panitia Kerja (Panja) guna penyelidikan kecelakaan pesawat Sukhoi di Gunung Salak Bogor yang menelan 45 korban jiwa.

"Nanti selesai ini, kami akan rapat intern Komisi V untuk memtuskan, apakah mau membentuk panja atau tidak," kata Ketua Komisi V, Yasti Soepredjo Mokoagow, di sela-sela rapat kerja Komisi V dengan pemerintah dan PT Trimarga Rekatama di Gedung DPR, Jakarta, Senin (28/5/2012) malam.

Senada dengan Yasti, anggota Komisi V dari Fraksi PKB, Marwan Jafar, juga menyampaikan hal yang sama.




Menurut Marwan, terlepas adanya protes Kedutaan Besar untuk Indonesia atas pernyataannya, bahwa pembentukan panja itu itu juga untuk menyelamatkan wajah penerbangan di Indonesia di mata internasional.

Menurut Marwan, banyak hal yang harus didalami atas kecelakaan naas tersebut.

Penyelidikan 'Panja Sukhoi' ini dimulai sebelum kedatangan pesawat ke Indonesia hingga kecelakaan terjadi.

Adapun pihak yang bisa dimintai klarifikasi atas kejadian itu, di antaranya pihak perusahaan Sukhoi, pihak yang mendatangkan pesawat, Kedubes Rusia, Kemenhub, ATC (kontrol penerbangan) Angkasa Pura, Kemenlu, SAR, hingga tim penyelamat dan evakuasi.

"Pihak Rusia harus diundang dalam rapat Panja Sukhoi supaya beri keterangan dan kita tidak disalahkan. Dalam hal ini, bahwa KNKT merupakan otoritas penyelidikan kecelakaan Sukhoi sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Ini supaya kita tidak jadi sampah dunia penerbangan dunia," tandasnya.

"Semua pihak harus diundang hingga Mapala dan dokter," imbuhnya.

Menurut Marwan, tujuan akhir tugas panja tersebut adalah mencari penyebab kecelakaan pesawat sementara. Bahan-bahan dari penyeidikan panja akan menjadi evaluasi penerbangan Indonesia.

"Kecelakaan itu apa human error, natural error, atau yang lainnya," tuturnya.

TRIBUNNEWS.







BERITA LAINNYA:




Masukkan Email Anda Disini untuk dapatkan BERITA terbaru :

Delivered by FeedBurner




Share/Bookmark
41772-07
 
tv1one tv1one-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template